Cara Membuat Animasi Text Dinding Rontok dengan efek Shatter
hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang Cara Membuat Animasi Text Dinding Rontok dengan efek Shatter.
Tutorial ini memperlihatkan kecanggihan efek Shatter agar bisa tampil seperti dinding rontok.
Untuk membuat efek tersebut diperlukan 2 Layer yaitu teks di dinding dan rontokan yang jatuh itu sendiri.
Tutorial ini memang cukup sulit selain penguasaan tentang Track Matte dan Alpha Channel diperlukan sedikit akal-akalan.
Tutorial ini sering dibahas di internet dan di buku lain, namun dengan tutorial ini semoga anda akan bisa memahaminya lebih mudah dan sederhana.
Tutorial ini memperlihatkan kecanggihan efek Shatter agar bisa tampil seperti dinding rontok.
Untuk membuat efek tersebut diperlukan 2 Layer yaitu teks di dinding dan rontokan yang jatuh itu sendiri.
Tutorial ini memang cukup sulit selain penguasaan tentang Track Matte dan Alpha Channel diperlukan sedikit akal-akalan.
Tutorial ini sering dibahas di internet dan di buku lain, namun dengan tutorial ini semoga anda akan bisa memahaminya lebih mudah dan sederhana.
PERSIAPAN Bidang Kerja & Import Data
- Klik menu Composition - New Composition dengan Presets = HDV/HDTV 720 25 agar sesuai standar pertelevisian. Kali ini kita atur durasi 8 detik (0:00:08:00).
- Klik menu File - Import - File (Silahkan Anda Search Di Google) , import 3 file : Wall.jpg ,Wall Text.psd ,dan Brick Text.psd.
Catatan : Untuk *.psd akan ada kotak dialog, pilih option Merge Layer saja.
Dari window project, drag file Wall.jpg dan Wall Text.psd ke timeline.
Cara MengAnimasiKan
Efek Pecah dengan Shatter
1.Kini saatnya beraksi. Di Layer Wall Text.psd beri efek pecah dengan klik menu Effects - Simulation - Shatter dengan parameter seperti ini. Yang penting Render = Pieces agar tampil pecahannya saja.
2.Untuk menganimasikan pecahan, buat keyframe parameter Force 1 - Position di awal dan akhir movie dengan nilai sebagai berikut.
3.Jika Play / Pause (Spacebar) atau RAM Preview (0 di keypad), terlihat pecahan bergerak dari kiri ke kanan sepanjang movie yang berdurasi 8 detik.
4.Agar pecahan lebih bebas dan realistis atur Physics - Rotation Speed = 0.57 atau lebih. Silahkan bereksperimen.
5.Matikan option Solo di Layer Wall Text.psd agar semua layer tampil sebagai berikut.
6.Agar ada jarak / kedalaman gambar, coba klik menu Layer - Layer Style - Drop Shadow dengan parameter seperti ini.
Catatan : Bisa juga menggunakan efek Perspective Drop Shadow dan Radial Shadow tetapi efek tersebut lebih memberatkan komputer.
Pembuatan layer Track Matte
1.Ini bagian yang mungkin sulit dipahami yaitu pembuatan layer Track Matte yang dibalik / invert. Untuk persiapan buat Composition baru. Klik kanan pada project New Composition dengan nama misal Matte.
2.Drag Brick Text.psd ke timeline. Ada baiknya aktifkan icon Toggle Transparancy Grid sehingga background terlihat transparan.
3.Di Layer Brick Text.psd beri efek Shatter juga dengan nilai yang sama seperti Layer Wall Text.psd
4.Di efek Shatter tersebut kita ubah parameter Render = Layer , maka efek tampil sebaliknya dimana objek yang belum pecah terlihat sedangkan pecahannya tidak terlihat.
Track Matte Alpha Inverted
1.Aktifkan lagi Composition Wall atau Comp1. Drag Matte – Composition dan Brick Text.psd di bawah Layer Wall Text.psd.
2.Aktifkan Layer Brick Text.psd lalu atur Track Matte = Alpha Inverted Matte [“Matte”]
3.Play / Pause (Spacebar) atau RAM Preview (0 di keypad)
4.Tetapi masih kurang alami, untuk itu di Layer Brick Text.psd klik menu Layer - Layer Style - Inner Shadow dengan parameter sebagai berikut hingga terkesan amblas.
5.Play / Pause (Spacebar)
Terima kasih
Salam Anima Belajar