Cara Membuat Ombak TSUNAMI di Blender
hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang Cara Membuat Ombak TSUNAMI di Blender.
Membuat pemandangan seperti ini tidak memerlukan waktu yang lama di Blender.
Dengan bantuan Addons ANT Landscape dan modifier Displace, membuat perbukitan dapat dibuat dalam hitungan detik saja.
Membuat pemandangan seperti ini tidak memerlukan waktu yang lama di Blender.
Dengan bantuan Addons ANT Landscape dan modifier Displace, membuat perbukitan dapat dibuat dalam hitungan detik saja.
Seperti ombak tsunami ini hanya menggunakan modifier yaitu Ocean ditambah material noise/kasar yang bersifat reflektif. Di tutorial ini dibahas cara menggunakan fitur mist untuk membuat kabut jarak jauh atau dari bawah.
Langkah - Langkahnya MEMBUAT LANDSCAPE
MEMBUAT TEXTURE
MEMBUAT PANTAI
MEMBUAT AIR LAUT/OCEAN
MEMBUAT KABUT/MIST
MEMBUAT MATERIAL AIR LAUT
MEMBUAT BACKGROUND & ENVIRONMENT
1. Pastikan tidak ada objek terseleksi, lalu aktifkan editor texture. klik new.
1. Untuk membuat gunung/ perbatuan dengan detail tinggi. Akan sangat sulit mengandalkan vertex yang diangkat satu persatu. Di blender sudah tersedia fitur membuat bukit namun kita harus mengaktifkannya dahulu. Caranya klik file-user preference, lalu klik addons-pilih add mesh aktifkan ANT Landscape
2. Untuk membuatnya tekan Shift + A pilih menu Mesh - Landscpae. Di sebelah kiri layar atur parameter Subdivison = 64 agar lebih detai dan mesh Size = 8 agar lebih besar. Atur lagi height = 2 untuk menambah tinggihnya dan plateau = 3. Untuk mengatur kelandaian pantai atur parameter falloff. Seperti berikut ini :
3. Bukit sudah terbentuk tetapi permukaan masih terlihat lancip, untuk menumpulkannya gunakan modifier Subdivision Surface dengan nilai Viex = 2.
4. Namun pasti kita ingin hasil gunungnya lebih menarik atau sesuai keinginan. Untuk itu caranya harus manual yaitu dengan cara masuk edit mode( shortcut tab ). Pastikan kita sudah mengaktifkan proposional editing.
5. Seleksi salah satu, lalu tekan G geser ke atas sambil menekan scroll mouse sesuai selera untuk menambah/ mengurangi pengaruh pada vertex-vertex tersebut.
6. Agar bagian puncak lebih detail tambahkan beberapa face. Aktifkan face lalu tekan subdivide pada menu tool bagian kiri.
7. Dan seterusnya hingga membentuk gunung sesuai keinginan kita. Jika sudah kita mencoba untuk merendernya tekan f12.
8. Untuk menambah bagian bangian menonjol pada gunung, kita akan menambahkan texture. Klik aja editor texture klik New. Lalu pilih type = Distorted noise agar texture bergelombang acak dan kontras. Yang penting size kecil misal 0.25 agar lebih detail beri nama detail bukit.
9. Ini yang penting agar bukit lebih detail. Aktifkan gunung lalu add modifier Displace atur texture = detailbukit, dengan strength = 0.2 maka bukit akan lebih detail.
Catatan : jika anda menggunakan cahaya type = sun dengan orientasi/arah tertentu hasilnya bisa terlihat lebih kasar.
1. Setelah mesh bukit cukup kompleks dan detail, kini kita akan menambahkan material agar lebih realistis. Buat material baru yang penting tidak ada daerah kinclong. Atur specular : intensity = 0.
2. Di editor texture atur Type = image or movie, pilih gambar tanah kering.jpg. yang penting mappingnya : projection = cube agar semua sisi gunung mendapat texture wajar tanpa distorsi.
3. jika kita render hasilnya nanti nampaknya texture tanah akan terlalu besar.
4. Jika ingin memperkecilnya atur repeat : X dan Y misal 6. Lebih bagus lagi kita aktifkan mirror X dan Y agar tidak terlihat batas pengulangannya.
5. Untuk mendapat kesan material yang timbul dan kasar, aktifkan Geometry : normal = 1 dan atur diffuse : color = 1. Dan coba kita render f12.
1. Kita akan membuat pantainya untukitu kita masuk ke edit mode (shortcut tab). Lalu aktifkan semua edge paling pinggir dengan Alt+klik kanan. Lalu geser (tekan G) kesamping dan agak sedikit ke bawah agar lebih landai. Begitu pula di sisi lainnya.
2. Jika kita render(f12) hasil pulau lebih liris dan landai, seperti gambar beikut ini.
1. Kita akan membuat laut yang berombak ekstrim mirip tsunami, kita buat bidang datar dahulu , SHIFT + A pilih menu mesh-plane.
2. Aktifkan plane dahulu lalu beri modifier Ocean. maka terciptalah gelombang mirip air laut.
3. Agar gelombang lebih detail atur resolution = 12 atau lebih.
4. Ini yang menyebabkan tsunami atur scale = 2.5, smallest = 0.1. silahkan bereksperimen maka kita akan mengetahui fungsi parameter-parameter tersebut.
5. Untuk memilih bentuk ombak, cukup atur parameter time = misal 1 atau atur parameter random seed.
6. Atur posisi kamera agar mendapatkan hasil yang bagus dan menarik. Cobalah render ptojek tersenbut. Jika kita render akan terlihat seperti lautan susu.
1. Pastikan di editor world = paper sky dan Horizon color = putih. Karena kabut ditentukan oleh Horizon color
2. Aktifkan camera di editor kamera , aktifkan Displsy = MIST. Maka terlihat garis orange dengan titik ujung putih.
Catatan :
- Antara kamera dan titik putih terdekat Adalah bagian yang tidak berkabut.
- Titik dekat dan titik terjauh adalah Daerah berkabut.
- Titik terjauh sampai tidak terhingga Kabut sangat pekat sehingga tidak ada Objek terlihat di daerah tersebut.
3. Di editor World atur titik jauhnya seperti gambar berikut.
4. jika dirender (f12) Hasilnya gunung akan Berkabut putih jika.
Pandangan semakin jauh.
5. selain kabut jauh dekat bisa juga dibuat kabut atas bawah saja, dengan menggunakan parameter height. Sebagai berikut.
1. Kini kita akan membuat material air laut agar tidak terlihat seperti lautan susu. Aktifkan objek Ocean lalu di editor Material atur Specular : intensity = 1 agar kinclong dan atur transparency : Alpa = 0.5 saja agar semi transparan. Kita tidak menggunakan Reflection raytrace karena akan memberatkan computer.
2. Jika di render (f12) hasil air laut sudah transparan tapi belum realistis karena tidak ada pantulan dan kurang riak-riak yang lebih kecil dan detail.
3. Untuk itu kita masuk ke editor texture atur type = image or movie buka file gambar misal laut.jpg agar gambar menjadi pantulan pada air laut, aktifkan mapping : coordinates = reflection.
4. Jika di render (f12) hasilnya laut sudah ada pantulan palsu dari gambar laut.jpg kini tinggal menambahka detail ombak yang lebih kecil.
5. Masih di texture objek air laut. Tambahkan texture baru yaitu texture002. Atur type = distorted noise atau lainnya yang penting basis sizenya sangat kecil misal 0.05,blend:add agar sangat kinclong pada bagian terang geometry:normal=1 agar berkesan timbul.
6. Lalu kita render lagi hasilnya sudah \baik, tetapi suasana sekitar masih belum sesuai dan belum realistis.
1. Pastikan tidak ada objek terseleksi, lalu aktifkan editor texture. klik new.
2. Lalu atur type = image or movie dengan gambar misal langit.jpg karena ini untuk latar belakang/background aktifkan Horizon dengan nilai maksimal atau 1.
3. Agar gambar bernuansa langit kebiru biruan seperti gambar bitmap background, atur di World aktifkan environment lighting = sky texture.
Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar