--> Skip to main content

Cara Membuat Buah Jeruk 3D di Blender

hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang Cara Membuat Buah Jeruk 3D di Blender.  

Kali ini mari kita mencoba membuat objek dengan merubah bentuk baku menjadi seperti bentuk aslinya/lebih rapi dengan langkah –langkah yang telah diterapkan sebelumnya.
Subdivision Surface : merubah bentuk kaku (kubus) menjadi bulat mulus Texture Paint with Brush : untuk langsung melukis objek 3D UV Map dengan Mark Saem : untuk menandai batas kupasan objek Simple Deform Taper & Bend : untuk menajamkan dan melengkungkan pada objek buah dan tangkai Material & Texture Buah dengan Image UV Map Alpha Channel Bitmap: Agar background daun menjadi transparan.

MERUBAH AWAL CUBE.

1. Pertama tentukan terlebih dahulu objek buah  apa yang ingin kamu buat pada software animasi 3D (BLENDER). Jika kalian sudah mendapatkan contoh objek, selanjutnya buka software  BLENDER pada laptop/PC kamu masing-masing!


2. Yang kedua, jadikan contoh objek buah yang sudah kalian cari sebagai pedoman untuk  membuat pola bentuk  buah agar terlihat mirip. Disini saya akan membuat pola dengan contoh buah “JERUK”.

3. Kemudian aktifkan cube pada laman kerja blender, lalu atur dimensinya berukuran 2x2x4.
 
4. Lalu tekan Ctrl + R arahkan mouse pada objek hingga tampil garis pembagi. Scroll mouse ke atas untuk menambah garis bagi.

5. Kemudian aktifkan modus EDGE, lalu tekan Alt + Klik kanan. Selanjutnya geser garis pembagi ke arah sumbu Z, lakukan pada 2 garis tersebut.


6. Aktifkan modus Face lalu pilih face bagian bawah, perkecil ukurannya dengan Scale, begitu pula dengan sisi yang lain.


Memperhalus Objek dengan "SUBDIVISION SURFACE"

1. Bentuk yang masih kaku dapat diubah lebih bundar dengan Editor Object Modifier lalu pilih Subdivision Surface. Kemudian atur View dan Render (3:3)



2. Beri Shading = Smooth agar terlihat mulus. Jika bentuk belum menyerupai buah yang kamu inginkan  atur kembali dengan pilih Edit Mode-Face. Untuk menyeleksi secara melingkar  aktifkan modus Edge-Alt + Klik Kanan.

3. Lalu aktifkan lagi modus Face. Untuk membuat cekungan dibagian tengah atas tekan E lalu geser mouse kedalam atau sumbu Z hingga terlihat cekung. Jika sudah puas dengan hasil yang kamu ciptakan tekan Apply pada tab Subdivision.


Mengupas Kulit Jeruk Menggunakan “Mark Seam”

1. Pertama aktifkan modus Edit Mode sampai Nampak jaring-jaring pada permukaan kulit objek. Lalu pilih modus Edge.


2. Jika sudah, pada Tool Shelf tekan Mark Saem. Garis yang kamu seleksi akan berwarna orange.


3. Kemudian seleksi semua edge dengan tekan A, lalu pilih Unwrap.


4. Jika dilihat pada UV/Image Editor kulit buah sudah terkelupas menjadi 4 sesuai batas Mark Saem.


Mewarnai menggunakan “Texture Paint”

1. Aktifkan terlebih dahulu modus Texture Paint.


2. Di tab Tools Brush pilih warnah merah untuk mewarnai kulit Jeruk.


3. Jika kamu merasa sudah cukup dan yakin dengan hasilmu tekan F12 untuk me-Render hasilmu. Kita lanjut untuk membuat kulit Jeruk lebih realistis lagi.


4. Pilih editor Texture. Jangan lupa save terlebih dahulu kulit Jeruk dengan tekan Alt + S dengan format PNG.

5. Kemudian pilih type = Clouds berukuran 0.05

6. Agar efek berkesan timbul ubah Geometry menjadi 0.200


7.Kemudian tekan F12 /render pada tab atas. Hasilnya jadi lebih layak seperti buah. 


Untuk hasil lebih fokus, kita tambahkan tangkai serta daun pada sisi atas buah Jeruk dengan Klik layer 2 yang kosong.

•Lanjut dengan menambah objek silinder tekan Shift + A-Mesh-Cylinder kemudian atur parameternya.

•Kemudian aktifkan Edit mode. Agar dapat dibentuk sedikit melengkung kita tambah segment pada silinder dengan tekan Ctrl + R terus scroll mouse ke atas/bawah.


•Agar salah satu ujung dari silinder tersebut mengecil/membesar, Klik editor Object Modifier-Simple Deform.


Lalu tekan Taper atur nilai Deform : Factor -1.2


Kemudian cara membengkokkannya, pertama dengan menyamakan arah Rotate sejajar dengan sumbu X


Lanjut yang kedua buat objek (Shift+ A) pilih Empty-Cube,terus atur posisinya ditengah silinder yang akan dibengkokkan.


Lanjut pilih Object Modifier-Simple Deform. Terus klik Bend lalu atur Origin = Empty dengan nilai Deform: Angel 70.



Kemudian warnai tangkai tersebut sesuai tangkai pada umumnya. Lalu pindahkan objek tangkai pada Layer 1 caranya klik M (Move To Layer) pilih slot Layer 1.


Sekarang lanjut membuat objek daun untuk lebih menyempurnakan bentuk buah Jeruk.
•Siapkan dulu objek plane Shift + A-Mesh-Plane lalu atur dimensi 4x2.


•Aktifkan plane lalu tekan Shift + H untuk fokus membuat objek daun dan menyembunyikan objek lainnya kecuali objek aktif. Untuk memunculkan objek kembali tekan  Alt + H.

•Agar tampil di viewport terlihat texture bitmap dan transparasinya, atur Viewport Shading = Texture dan panel parameter Shading : GLSL


•Di Editor Material buat material baru. Agar tembus pandang/transparan aktifkan Transparency Z dengan Alpha : 0. Hasilnya objek plane menjadi transparan.

 

•Lalu buka Editor Texture pilih Type : Image or Movie, lalu buka/open file Leaves.png  (cari google) yang mempunyai background transparan/Alpha Channel.


•Ini yang penting, atur coordinates : Generated dengan Projection :Flat. Yang sangat penting adalah nilai Diffuse : Alpha=1. Agar ada kesan timbul atur Geometry : Normal=0.1 saja. Beres!! Kini plane sudah terlihat texture daun dengan background transparan.



DAUN MELENGKUNG.

1.Lalu bagaimana jika daun ingin dibengkokkan/melengkung? Sama seperti tangkai. Aktifkan Edit Mode(Shortcut Tab), lalu tekan Ctrl+R untuk membagi ke beberapa segment.


2.Putar dengan me-Rotate (R) pada sumbu X sebesar 90 derajat,dengan masuk pada Object Mode terlebih dahulu.


3.Buat objek (Shift + A)-Empty-Plain Axes. Lalu atur posisinya ditengah daun.


4.Kemudian klik Editor Object Modifier-Simple Deform. Lalu klik tombol Bend terus atur Origin = Empty.001 dengan nilai Deform:Angel = 100.


5.Atur posisi daun agar terlihat menempel pada tangkai buah.


6.Coba kita buat lantai dengan Plane. Lalu tekan F12 untuk melihat hasilnya.


7.Jika dirender bayangan daun masih berbentuk kotak bengkok seperti gambar diatas. Untuk mengatasi masalah tersebut aktifkan Plane bukan objek daunnya di Editor material, kemudian aktifkan Shadow : Receive Transparency.


8.Dengan pengaturan lampu akan menghasilkan bayangan yang baik lagi.



Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar