--> Skip to main content

CARA MEMBUAT ANIMASI DI ADOBE FLASH


hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang CARA MEMBUAT ANIMASI DI ADOBE FLASH. 

Dalam keadaan Standar animasi terbagi menjadi tiga bagian yaitu Animasi Gerak, Skala dan Putar. 
Animasi gerak yaitu animasi yang menggerakkan objek dari satu posisi ke posisi lainnya. 
Animasi Skala yaitu mengubah skala atau ukuran sebuah objek. 
Animasi Putar atau Rotasi yaitu animasi di mana sebuah objek mmpunyai gerakan berputar pada titik poros yang ditentukan. 
Ketiga animasi dasar tersebut bisa berdiri sendiri atau digabung sehingga menjadi animasi yang menarik dan indah. 

Ada tiga teknik dasar dalam pembuatan animasi yaitu animasi frame by frame , animasi tween dan animasi bone .

Dalam animasi frame by frame, program adobe  menyimpan setiap gerakan objek pada masing masing frame.   

Animasi tween merupakan animasi yang efektif untuk membuat suatu gerakan dengan ukuran file yang lebih kecil.  

Animasi bone merupakan animasi dengan mengadopsi dari struktur persendian tulang. 

Mengenal Simbol Animasi dalam Timeline  

Dalam pembuatan animasi, ada beberapa jenis symbol animasi dalam timeline yaitu:
  • Classic Tween : ditunjukkan dengan sebuah titik hitam dan mempunyai panah hitam  dengan background warna biru terang.
 
  • Motion tween : ditunjukkan dengan sebuah titik hitam di awal animasi dan simbol berlian di akhir animasi dengan background warna biru muda. 
  • Shape tween : ditunjukkan dengan sebuah titik hitam dan mempunyai panah hitam dengan background warna hijau terang.
  • Sebuah garis putus putus menunjukkan akhir animasi.

  • Sebuah keyframe yang berisi objek ditunjukkan dengan sebuah titik berwarna hitam.
  • Sebuah keyframe yang kosong ditunjukkan dengan sebuah titik berwarna putih.
  
  • Sebuah huruf a kecil menunjukkan bahwa Frame telah diberi sebuah perintah script lewat panel Actions 
  • Sebuah bendera merah menunjukkan bahwa Frame berisi sebuah label atau keterangan. 
 

Gambar berikut adalah tampilan Keyframe dan simbol animasi dalam Timeline.

Membuat keyframe 
Keyframe ditampilkan di dalam Timeline. Saat, Anda membuat animasi frame by frame, setiap frame adalah sebuah Keyframe. Sebuah Keyframe yang terisi objek ditampilkan dengan warna abu – abu dan titik hitam, dan sebuah Keyframe yang kosong ditampilkan dengan sebuah lingkaran kosong. 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas.  pilih salah satu perintah berikut ini untuk membuat Keyframe :
  • Pilih sebuah frame dan pilih perintah menu insert Timeline -> keyframe 
  • Klik kanan pada frame dalam timeline dan pilih Insert Keyframe 
  • Klik pada salah satu frame kemudian tekan tombol F6 
Menambah Keyframe 
Keyframe adalah simbol lingkaran kecil yang terdapat pada sebuah frame yang digunakan untuk menampung objek atau membatasi sebuah gerakan animasi. 

Ikuti langkah berikut untuk menambah Keyframe pada animasi :
1. Buatlah objek persegi/persegi panjang menggunakan Rectangle tool  

2. Beri perintah animasi dengan cara : klik kanan frame 1 kemudian klik Create Classic tween.
3. Tambahkan keyframe pada Frame 15 dengan cara : klik kanan Frame 15 kemudian pilih
Insert Keyframe
 
4. Geser objek kotak ke a rah lain misalnya ke arah kanan. 
 
5. Jalankan animasi dengan menekan tombol CTRL + Enter. Tekan CTRL + W untuk memberhentikan 


Mengatur Kecepatan Animasi  
Anda dapat mengatur kecepatan Animasi dengan 2 cara yaitu : 
  • Mengatur jarak Keyframe  
  • Mengubah nilai Frame Per Second (FPS) 
Semakin jauh jarak keyframe semakin pelan gerakan animasi.  

Langkah mengatur kecepatan animasi adalah :
1. Klik selection tool  

2. Ubah nilai (FPS) pada panel Properties atau pada Timeline. Tekan CTRL+F3, jika panel
Properties belum tampil di lembar kerja. 
 


Memperpanjang Frame Animasi 

Jika gerak animasi yang anda buat terlalu cepat jalannya. Anda dapat memperpanjang frame animasinya. Langkah untuk memperpanjang frame animasi adalah : 

1. Dari contoh file yang dibuat di atas , Klik salah satu frame diantara frame 1 sampai frame 15. Misalnya di frame 10 seperti gambar berikut

 

2. Lakukan salah satu perintah berikut untuk memperpanjang frame: 
  • Klik menu Insert - Timeline - Frame
  • Tekan tombol F5 
  • Klik kanan pada frame 10, kemudian pilih Insert Frame.  
Lakukan perintah di atas sebanyak yang anda inginkan, misalnya anda menekan sebanyak 5 kali maka panjang frame bertambah 5 frame. Menjadi 20 frame. (yang semula  15 frame)


Jika anda ingin memperpanjang langsung 5 frame sekaligus. Anda harus melakukan blok 5  frame sekaligus kemudian lakukan salah satu perintah di atas. 


Menghapus Frame  
Langkah untuk menghapus frame adalah sebagai berikut :

1. Blok frame yang mau dihapus misalnya Frame 10 sampai 14 


2. Klik kanan pada frame yang diblok kemudian pilih Remove Frames. 


Menghapus Keyframe 
Cara untuk menghapus keyframe adalah: 
  • Pertama kita buat frame dengan cara klik kanan terserah mau frame berapa lalu pilih insert frame. 
  • Lalu klik kanan pada akhir frame sudah di insert frame tadi pilih insert keyframe. 
  • Terakhir klik kanan pada frame yg sudah di insert keyframe pilih Clear Keyframe.  



Animasi Tween 

Anda dapat menggunakan tiga jenis animasi Tween untuk membuat animasi yaitu: Motion Tween, Shape Tween dan Classic Tween

Animasi motion Tween biasanya digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar dan perubahan skala objek dua dimensi dan tiga dimensi.  Motion Tween dapat diterapkan pada objek instance atau symbol, grup dan teks. 

Animasi Shape Tween merupakan animasi perubahan bentuk objek, misalnya dari bentuk Oval berubah menjadi bentuk kotak, bentuk kotak menjadi bintang, dan lain-lain. 

Classic Tween sama dengan Motion Tween tetapi hanya untuk gerakan dua dimensi. 

Berikut ini akan dibahas pembuatan animasi dasar dengan menggunakan animasi Tween. 

Cara Membuat Animasi Skala 
Animasi Skala adalah animasi perubahan ukuran atau skala objek. 

1. Buat objek terserah kalian, dalam langkah berikut kita memakai objek segilima menggunakan Polystar Tool pada Frame 1.  


2. Pada penerapan animasi skala ini kita akan menggunakan fasilitas Create Motion Tween karna kita memakai  Macromedia Flash Professional 8. Klik kanan Frame 1 kemudian pilih Create Motion Tween.  


3. Selanjutnya, klik kanan frame 25 kemudian pilih insert Keyframe.  

4. Klik tombol Free Transform Tool, kemudian sambil menekan tombol Shift, klik tahan dan geser salah satu handle sudut objek ke arah luar untuk  memperbesar objek. 

 

5. Tekan tombol Ctrl+Enter pada keyboard untuk menjalankan animasi dan lihat hasilnya. 


Cara Membuat Animasi Putar
Animasi Putar adalah animasi dimana objek berputar pada titik poros yg ditentuntukan. 

1. Buka lembar kerja baru dan buat objek terserah kalian kali ini kita akan membuat objek laying-layang caranya yaitu kita menggunakan Rectangle Tool lalu kita edit menggunakan Selection Tool sesuaikan dengan laying-layang. Dan otomatis objek akan menempati Frame 1.  


2. Klik kanan Frame 1 kemudian pilih Create Motion Tween.

3. Klik kanan Frame 30 dan pilih insert keyframe. 

4. Atur parameter Rotation pada panel Properties. Lalu rubah Easenya menjadi 100  atau -100 untuk mengatur kecepatan. Atur Rotatenya juga untuk menentukan arah perputarannya kali ini kita pakai CW. 

Atur juga Rotation countnya untuk menentukan jumlah putaran kita rubah menjadi 2. Itu semua diatur pada frame 1 sedangkan frame terakhir rotatenya di none dan easenya di 0.


5. Tekan tombol Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya. 

Cara Membuat Animasi Gerak
Animasi Gerak adalah animasi objek yang  bergerak dari satu lokasi ke lokasi yang lain. 

1. Buat objek bola pada lembar kerja baru dan otomatis objek tersebut menempati Frame 1.  

2. Klik kanan pada Frame 1 kemudian pilih Create Motion  Tween. Jika tampil kotak dialog Convert Selection to symbol for tween, klik tombol OK.  


3. Otomatis frame akan diperpanjang sesuai nilai FPS yang berlaku pada lembar kerja aktif.  

4. Klik kanan Frame 35 untuk memperpanjang jumlah frame hingga Frame 35. Caranya klik kanan pilih insert Frame.  


5. Klik kanan Frame 35, kemudian pilih insert Keyframe - All.  


6. Selanjutnya geser bola ke sisi lain misalnya ke arah kanan.
7. Jalankan animasi dengan menekan tombol Ctrl+Enter dan perhatikan hasilnya. 

Anda dapat mengubah alur animasi yang membentuk garis lurus menjadi sebuah kurva sehingga gerakan objek menjadi lebih dinamis. 

1. Klik Selection Tool, selanjutnya arahkan pointer mouse pada garis animasi hingga berubah menjadi anak panah dan garis lengkung.  


2. Jalankan animasi dan lihat hasilnya. Tekan Ctrl+W untuk menghentikan animasi. 

3. Aktifkan Subselection Tool, klik pada salah satu alur animasi hingga tampil segmen kurva. Selanjutnya klik point segmen dan geser ke arah yg diinginkan.  




Cara Membuat ANIMASI ALPHA 
1.Buat objek lingkaran, warna buat sesuka hati, seperti berikut

2.Klik kanan frame 1, kemudian pilih create motion tween


3.Klik kanan frame 25, pilih insert keyframe


4.Selanjutnya klik frame 1 dan klik objek lingkaran, di dalam properti Color ganti menjadi alpha dengan nilai 0%, maka objek akan menjadi tidak nampak 


5.Klik frame 25 dan klik objek lingkaran

6.Perbesar objek menjadi lebih besar dari semula

7.Dengan cara yg sama diatas,ubah transparansi objek lingkaran yg  terdapat pada frame 25 menjadi 0%

8.Klik frame tengah klik kanan pilih Inser keyframe, klik objek  lingkaran, ubah transparasi alpha menjadi 100% agar Nampak seperti berikut.


9.Jalankan animasi (ctrl+enter) dan perhatikan hasilnya objek akan  menjadi besar dan transparent


Cara Membuat ANIMASI WARNA

Sebagai contoh animasi warna Frame by Frame berikut ini akan menganimasikan perubahan warna pada sebuah objek lampu lalu lintas.

1.Buka lembar kerja baru dan buat objek lampu lalulintas seperti gambar berikut. Lampu paling atas beri warna merah, dua lampu lain berwarna hitam.


 Cara Membuat ANIMASI WARNA

2.Klik Frame 15 kemudian tekan tombol F6 untuk menambahkan Keyframe pada Frame 15.

3.Klik Frame 30 kemudian tekan tombol F6 untuk menambahkan Keyframe pada Frame 30.

4.Klik Frame 45 kemudian tekan tombol F6 untuk menambahkan Keyframe pada Frame 45.

5.Klik frame 15 kemudian ubah warna objek lampu menjadi tengah menjadi warna kuning.


 Cara Membuat ANIMASI WARNA

6.Klik Frame 30 dan ubah warna objek lampu paling bawah menjadi warna hijau.


Cara Membuat ANIMASI WARNA

7.Keyframe pada Fame 45 tidak diubah warnanya agar perubahan warna dari warna hijau ke merah waktunya sama dengan perubahan warna yang lain.


Cara Membuat ANIMASI WARNA

8.Jalankan animasi dengan menekan tombol CTRL + Enter dan perhatikan lampu bergerak urut dari warna merah, kuning, hijau. Jika perubahan warna terlalu cepat anda dapat memperpanjang jarak antar keyframe.

Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar