Cara Modeling Anak Tangga Di Blender
hi.. sahabat anima belajar.. pada tutorial kali ini ..kita akan membahas tentang Cara Modeling Anak Tangga Di Blender,
sebelumnya untuk menduplikasi objek dengan shortcut Shift + D untuk menduplikasi yang seragam atau selalu sama , kali ini fitur duplikasi yang sangat canggih yaitu Modifier : Array dengan parameter.
sebelumnya untuk menduplikasi objek dengan shortcut Shift + D untuk menduplikasi yang seragam atau selalu sama , kali ini fitur duplikasi yang sangat canggih yaitu Modifier : Array dengan parameter.
Array : Fix Count
Array : Fit length
Array : Relative Offset
Array : Counstant Offset
Dengan Array kita akan bisa membuat objek tangga lurus.
Cara Membuat Modelling Anak Tangga
BALOK TERUKUR
1.Aktifkan / Klik kanan objek kotak cube.
2.Aktifkan panel Properties (shortcut N), atur parameter Dimensions ukuran anak tangga menjadi tipis.
MEMBUAT ANAK TANGGA DENGAN ARRAY
1.Untuk membuat banyak duplikat anak tangga. Aktifkan editor Object Modifier klik Add Modifier lalu pilih Array.
2.Lalu atur parameternya seperti ini hasilnya menjadi tangga.
3.Penjelasan Relative Offset
- Sumbu X – tidak berubah
- Sumbu Y – Lebear anak tangga adalah satu unit relative offset nya =1 maka jarak antara anak tangga = 1 X 1 = 1 unit
- Sumbu Z –Tinggi anak tangga 0.2 unit , relative offsetnya = 5 maka jarak antara anak tangga = 0.2 X 5= 1unit
4.Untuk mengubah bentuk tangga masuk ke Modus Edit Mode (shortcut Tab)
CARA DUPLIKASI DENGAN CONSTANT OFFSET
1.Kita akan menggunakan parameter Constant Offset dengan parameter seperti berikut. Jika kita perhatikan nilai sumbu X,Y,dan Z adalah 2kali dari nilai Relative Offset.
2.Masuk ke Modus Edit Mode (shortcut Tab). Di Modus Face atur facenya maka semua anak tangga ikut berubah. Namun jarak antar objek anak tangga tetap/ tidak berubah. Inilah Constant Offset dengan Relative Offset.
MEMBUAT FIT LENGTH
1.Kita akan mencoba menggunakan jenis Array yang lain yaitu Fit Length agar bidang kerja kosong pindah saja ke Layer 2.
2.Buat kotak dengan Shift + A pilih menu Mesh -> Cube
3.Atur ukurannya seperti gambar awal tadi agar menjadi anak tangga.
4.Untuk menduplikat banyak anak tangga. Aktifkan Editor Object Modifier klik Add Modifier lalu pilih Array.
Untuk itu atur parameter Relative Offset sebagai berikut dan atur Length misal 51 atau sampai ada 6 anak tangga .
5.Jika sudah (belum) mengerti maksud nilai Relative Offset atur saja nilai semula biar lebih baik.
MEMBUAT PAPAN BATAS
1.atur pandangan dari samping depan/Front ortho (Numpad 1) dan pastikan pandangan secara orthogonal (Numpad 5)
2.klik di Face anak tangga paling bawah karena akan membuat objek menempel di 3D Cursor tersebut.
3.buat bidang tipis dengan Shift + A pilih menu Mesh -> Plane
4.ada baiknya agar posisi objek lebih presisi pada vertex, atur Snap Element ke Vertex, jangan lupa aktifkan icon magnetnya.
5.Masuk ke Mode edit Mode aktifkan modus edge keser ke kanan anak tangga paling atas.
6.Di anak tangga paling bawah tambahkan edge dengan tombol E di Keyboard pastikan verteks kena tepat di vertex anak tangga.
7.Kembali ke object mode aktifkan papan samping tangga tersebut lalu di beri modifier solidify agar bidang terlihat tebal.
8.Atur parameter Thickness sesuka hati sampai papan terlihat tebal.
9.Copy papan batas tangga dengan duplicate (shortcut shift + D) pada sumbu x sebagai berikut.
10.Sebelum di Render coba aktifkan Ambient Occlusion agar nanti hasilnya lebih terang dan banyangan lebih realistis. (ini bukan pada objek tetapi pada Light nya/ cahaya).
MEMBERIKAN MATERIAL
1.Di Editor Material lalu klik Add New Material.
2.Agar nanti menyerupai kayu atur warna Diffuse menjadi coklat muda.
3.Kita akan menambahkan tekstur kayu pada anak tangga.aktifkan Editor Texture lalu klik tombol New.
4.Pilih Type = Wood, dengan Basis Misal Improved Perlin.
5.Atur juga pemetaannya dengan Coordinates : Generated, Projection : Flat
MEMBUAT MATERIAL REPEAT/ TILE LANTAI
1.Untuk membuat lantai dengan tekan Shift + A pilih Mesh->Plane.
2.Aktifkan Editor Material, buat Material baru.
3.Aktifkan Editor Texture lalu klik tombol New, langsung kita tambahkan Texture ubin untuk lantai dengan Type = Image or Movie lalu pilih Floor1.jpg (texture ini download dulu)
4.Atur juga bagian Repeat menjadi 8 (itu sih keinginan saya kalua mau angka lain ya gakpapa).
5.Dan lihat hasil akhirnya (boom).
Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian
Terima kasih
Salam Anima Belajar